Yang Mudik…Yang Mudik, Tiket Kereta Sudah Sold Out 20%

Suasana penumpang di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta, Selasa,( 8/3./2022). DKI Jakarta kembali menerapkan PPKM level 2. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Penjualan tiket Kereta Api (KA) Lebaran sudah dibuka sejak Minggu (26/2) lalu oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Hingga Senin (6/3) tiket sudah terjual 20% dari yang disediakan.

Hal ini diungkapkan oleh VP Public Relation KAI, Joni Martinus dalam acara media gathering di Bandung.

“Kalau tadi saya bilang 15%, saat ini sudah 20%. ternyata ada dinamika dari pergerakan pemesanan tiket ini, ada pergerakan yang signifikan, dalam beberapa jam terakhir ada kenaikan sekitar 5%,” ujar Joni.

Berdasarkan data yang diterima pada pukul 9:30 WIB, tiket KA Jarak Jauh pada masa Angkutan Lebaran yang telah terjual pada periode 12 s.d 20 April 2023 adalah 184.551 tiket atau sekitar 20% dari total keseluruhan tiket yang disediakan sebanyak 912.698 tiket.

Ada pun relasi favorit yakni Jakarta – Yogyakarta, Jakarta – Solo, Jakarta – Surabaya, Bandung – Blitar, dan lainnya.

Secara total, untuk Angkutan Lebaran 2023, KAI menyediakan 3,5 juta tiket kereta api yang terdiri dari tiket KA Jarak Jauh dan tiket KA Lokal.

Pada kesempatan yang sama Joni mengungkapkan animo masyarakat terhadap Kereta Panoramic yang diluncurkan pada akhir Desember lalu sangat tinggi. Pada Februari tingkat okupansi Kereta Panoramic pada periode tersebut mencapai 117%.

Okupansi bisa lebih dari 100% karena ada penumpang yang dinamis, yang turun atau naik di stasiun singgah.

“Bisa lebih 100% karena ada penumpang dinamis, jadi misal Kereta Panoramic relasi Bandung-Surabaya ada penumpang turun tengah jalan, seperti Solo atau di stasiun lainnya, itu langsung diisi penumpang lainnya. Sehingga keterisiannya lebih dari 100%,” kata Joni.

“Diharapkan dengan semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap Kereta Panoramic dapat menumbuhkan pariwisata di Indonesia melalui perkeretaapian,” tutup Joni.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*