Tol Cisumdawu Nyambung Awal Juni, Bandung-Cirebon 1,5 Jam

Pembangunan Tol Cisumdawu menggunakan tekonologi geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A. (Twitter @KemenPU)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meminta proyek Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 – 6 (Cimalaka – Dawuan) sepanjang 29,3 km rampung pada awal Juni 2023. Sehingga bisa mempercepat mobilitas masyarakat dari Bandung menuju Cirebon menjadi hanya 1,5 jam lewat full tol sepanjang 62 km itu.

“Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional yang sudah ditunggu oleh masyarakat. Segera operasionalkan https://www.rtpkas138.xyz/ dengan tetap mengutamakan kualitas, safety, dan estetika. Ruas Tol Cisumdawu sekaligus juga untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” ungkap Basuki mengutip keterangan Kementerian PUPR, Selasa (23/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, Basuki mengungkapkan pembangunan Tol Cisumdawu menggunakan teknologi geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A. Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi risiko longsor.

Geofoam EPS adalah material yang berbentuk balok-balok berbobot ringan dan sudah biasa diterapkan di luar negeri, terutama untuk menangani lapisan tanah yang labil.

Sebelumnya, Tol Cisumdawu Seksi 4 hingga 6 sudah dibuka secara fungsional untuk mudik Lebaran. Rinciannya adalah seksi 4 Cimalaka – Legok (8,2 km), seksi 5 Legok – Ujungjaya (14,9 km) dan seksi 6 Ujung Jaya – Dawuan termasuk Junction Dawuan (6 km).

Sedangkan sebelumnya seksi 1 – 3 sudah beroperasi sebagian yakni dari seksi 1 Cileunyi – Pamulihan (11,45 km), seksi 2 Pamulihan – Sumedang (17,05 km), dan seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4,05 km) sejak Desember 2022.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*