Terungkap Alasan Vaksin Bisa Cegah Cacat & Penyakit Berbahaya

Terungkap Alasan Vaksin Bisa Cegah Cacat & Penyakit Berbahaya

FILE - In this Monday, March 16, 2020 file photo, a patient receives a shot in the first-stage study of a potential vaccine for COVID-19, the disease caused by the new coronavirus, at the Kaiser Permanente Washington Health Research Institute in Seattle. On Friday, March 20, 2020, The Associated Press reported on stories circulating online incorrectly asserting that the first person to receive the experimental vaccine is a crisis actor. All participants who volunteered for the test were screened and had to meet a set list of criteria. They were not hired as actors to simulate a role. (AP Photo/Ted S. Warren)
Imunisasi pada bayi dan anak memiliki peran penting yang sangat besar sebagai perlindungan tubuh. Sebab bayi yang baru lahir, walau sudah diberkahi antibodi yang berasal dari sang ibu, namun hanya bertahan dalam waktu singkat yakni beberapa minggu atau bulan saja.
Spesialis Anak, https://pejuangkas138.store/ Prof Dr.dr Hartono Gunardi, Sp.A (K) mengatakan bahwa imunisasi menjadi salah satu kiat sukses dalam upaya menyelamatkan jutaan nyawa anak.

“Imunisasi merupakan hal yang penting karena dengan imunisasi dapat menyelamatkan 2-3 juta anak setiap tahunnya di seluruh dunia. Jadi imunisasi menyelamatkan anak dari kematian,” kata Hartono pada akun Youtube Ngobrol Bareng RSCM, Senin (10/7/2023).

Imunisasi menyelamatkan anak dari kecacatan dan menyelamatkan anak dari penyakit berbahaya. Di antaranya seperti anak lebih rentan mengalami sakit berat, hepatitis B, tetanus, penurunan kualitas hidup, terpapar difteri dan TBC, radang selaput otak, polio dan sakit komplikasi.

Anak yang mendapatkan imunisasi tepat waktu dan lengkap memiliki tumbuh kembang yang baik sehingga tubuhnya resisten terhadap penyakit tertentu. Untuk itu penting bagi orang tua memastikan anak menerima imunisasi yang lengkap dan tepat waktu.

Jadwal dan daftar imunisasi yang wajib didapatkan anak

Setidaknya ada 6 jenis vaksin yang wajib didapatkan anak. Namun tahun 2022 mendapatkan 3 jenis vaksin yang baru lagi sehingga ada 9 jenis vaksin yang melindungi dan mencegah anak dari 12 penyakit.

Imunisasi dasar dimulai dari 0-1 tahun tapi imunisasi tersebut perlu diulang kembali. Pengulangan tersebut saat bayi berusia 18 bulan.

Adapun vaksin tersebut HBO 1 dosis, BCG 1 dosis, DPT-HB-Hib 3 dosis, Polio tetes (OPV) 3 dosis, Polio Sunti (IPV) 1 dosis, dan Campak Rubela 1 dosis.

Setelah itu imunisasi pengulangan kedua pada kelas 1,2,5 dan 6 sekolah dasar. Vaksin campak Rubela dan DT pada anak kelas 1 dan TD pada anak kelas 2 dan 5 SD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*