Tanpa Pakai Obat, 6 Cara Ini Efektif Atasi Migrain Lho…

Ilustrasi (Photo by David Garrison from Pexel)

Mengalami migrain secara mendadak tentu sangat mengganggu. Untuk meredakan migrain seseorang biasanya mengonsumsi obat.

Namun, obat bukan satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi migrain. Sebelum menenggak obat, ada baiknya jika Anda mencoba beberapa cara alternatif untuk mengatasinya.

Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya:

1. Minum air mineral

Dehidrasi kadang bisa memicu migrain. Mengganti cairan tubuh bisa membantu tubuh mendapatkan keseimbangan cairan dan elektrolit. Air putih ampuh dalam menggantikan cairan tubuh.

Sulit membiasakan diri minum air putih?. Coba tambahkan irisan lemon atau jeruk nipis sehingga air terasa lebih enak dan menambah nutrisi.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi kafein karena bisa menimbulkan dehidrasi jika diminum secara berlebih.

2. Konsumsi kafein

Dalam jumlah sedikit, kafein dapat mengurangi nyeri secara alami, termasuk nyeri akibat migrain. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dan tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein.

Cara mengatasi migrain tanpa obat dengan mengonsumsi kafein berlebihan justru dapat menimbulkan sakit kepala setelah efeknya menghilang.

3. Aromaterapi

Menghirup aromaterapi seperti lavender, dapat digunakan sebagai cara mengatasi migrain tanpa obat. Suatu riset menunjukkan bahwa orang yang menghirup aroma minyak lavender selama 15 menit mengalami penurunan gejala nyeri kepala saat mengalami migrain.

Tidak hanya lavender, aroma lain yang bisa memberi efek relaksasi maupun mengurangi migrain adalah peppermint, buah citrus seperti lemon dan jeruk, rosemary, chamomile, dan eucalyptus.

4. Lakukan pemijatan

Pijat jadi salah satu cara mengatasi migrain karena mampu menawarkan efek rileks. Pijat bisa dilakukan di area kepala hingga pundak sehingga meredakan otot kaku.

Namun, Anda juga harus berhati-hati. Sebagian kasus migrain justru semakin memburuk saat disentuh, apalagi dipijat.

5. Meditasi

Meditasi dengan cara duduk di suatu tempat yang tenang dan memusatkan pikiran pada pernapasan dapat meringankan nyeri.

Selain meditasi, Anda juga dapat melakukan yoga sebagai cara mengatasi migrain tanpa obat untuk mengurangi keparahan migrain dan menurunkan risiko kambuhnya migrain.

Hindari gerakan membungkuk ketika melakukan meditasi atau yoga karena gerakan ini justru dapat memperparah migrain.

6. Jaga pola makan

Tidak hanya soal asupan cairan, konsumsi makanan yang terganggu juga bisa menimbulkan migrain.

Ada beberapa makanan yang memicu migrain. Oleh karena itu, beberapa orang menjalani diet migrain yang mengeliminasi makanan penyebab migrain.

Diet menganjurkan seseorang untuk mengonsumsi makanan yang tidak memicu rasa nyeri seperti nasi, sayuran hijau, sayuran berwarna oranye, sayuran berwarna kuning, dan buah-buahan non-sitrus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*