Sosok Ida Dayak yang Viral Disebut Bisa Sembuhkan Penyakit

Ibu Ida Dayak (Tangkapan layar YouTube petualang ibu dayak)

Belakangan ini, sosok wanita bernama Ida Dayak tengah menjadi perbincangan. Ia tengah viral di media sosial karena dipercaya bisa mengobati penyakit dalam sekejap.

Perempuan bernama asli Ida Andriyani ini lahir di Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, 3 Juli 1972. Namanya mencuat di banyak pemberitaan akhir-akhir karena pengobatan alternatif yang dia gelar menarik perhatian banyak masyarakat hingga terjadi kemacetan panjang.

Disebut Ida Dayak karena saat mengobati pasiennya, dia selalu mengenakan pakaian ada dan aksesosoris khas suku Dayak. Meski tak ada bukti medis, dia disebut bisa menyembuhkan berbagai keluhan atau penyakit, mulai dari keseleo, patah tulang dan salah urat, hingga penyakit berat seperti stroke.

Dalam video yang beredar di media sosial, Ida Dayak selalu melafalkan kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah ketika memulai pengobatannya. Dengan mengucapkan kalimat itu, dia menunjukkan kesembuhan hanya berasal dari Allah SWT.

“Sesuai agama saya, saya Islam, saya Muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim,” ujar Ida Dayak dalam sebuah tayangan video.

Metode penyembuhan Ibu Ida Dayak terbilang sederhana. Perempuan berusia 51 tahun ini melakukan ritual menari dan mengurut pasiennya dengan mengoleskan minyak berwarna merah yang diberi nama Ida Dayak Minyak Bintang dan juga dijual seharga Rp 50 ribu perbotol. Minyak ini sudah lama dikenal masyarakat suku Dayak Kalimantan sebagai salah satu obat tradisional yang digunakan turun-temurun.

Sebelum terkenal, Ida rupanya melakukan pengobatan dengan berkeliling dari pasar ke pasar layaknya penjual obat. Konon, ia sudah pernah keliling melakukan pengobatan hingga ke Papua, Sulawesi dan Sumatra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*