Ngeri! Bom Bunuh Diri Guncang Pakistan, 9 Polisi Tewas

Petugas keamanan memeriksa lokasi setelah serangan bunuh diri terhadap truk polisi di dekat Dhadar, kota utama distrik Kachhi, sekitar 120 km tenggara Quetta di provinsi Balochistan pada 6 Maret 2023. - Seorang pembom bunuh diri menewaskan sembilan petugas polisi dan melukai 16 lainnya pada 6 Maret dalam serangan terhadap truk mereka di barat daya Pakistan, kata para pejabat. (MOHAMMAD ASLAM/AFP via Getty Images)

Bom bunuh diri mengguncang Pakistan pada Senin (6/3/2023) dan menewaskan sembilan petugas polisi seta melukai 16 orang lainnya.

Pasukan keamanan telah memerangi pemberontakan selama bertahun-tahun oleh gerilyawan di Balochistan yang menuntut bagian yang lebih besar dari kekayaan provinsi itu, serta serangan oleh Taliban Pakistan (TTP).

“Pengebom bunuh diri mengendarai sepeda motor dan menabrak truk dari belakang,” kata pejabat polisi senior Abdul Hai Aamir kepada AFP.

Insiden itu terjadi di dekat Dhadar, kota utama distrik Kachhi, sekitar 120 kilometer (75 mil) tenggara Quetta di Balochistan.

Foto-foto setelahnya menunjukkan truk polisi terbalik di jalan dengan jendela pecah.

Mehmood Notezai, kepala polisi distrik Kachhi, mengatakan kepada AFP bahwa para petugas kembali dari pertunjukan ternak selama seminggu di mana mereka menjaga keamanan.

“Terorisme di Balochistan adalah bagian dari agenda jahat untuk membuat negara tidak stabil,” kata Perdana Menteri Shehbaz Sharif dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Belum ada klaim tanggung jawab atas serangan itu.

Bulan lalu, lima orang tewas ketika regu bunuh diri TTP menyerbu kompleks polisi di kota pelabuhan Karachi.

Itu terjadi hanya beberapa minggu setelah ledakan bom di sebuah masjid polisi di kota barat laut Peshawar menewaskan lebih dari 80 petugas, serangan yang diklaim oleh sebuah kelompok yang terkadang berafiliasi dengan TTP.

Adapun, negara ini menghadapi krisis politik, ekonomi dan lingkungan yang tumpang tindih, serta situasi keamanan yang memburuk di mana tentara dan polisi kian menjadi sasaran.

Balochistan adalah provinsi terbesar, berpenduduk paling sedikit, dan termiskin di Pakistan.

Ia memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi penduduk setempat telah lama memendam kebencian, mengeklaim bahwa mereka tidak menerima bagian yang adil dari kekayaannya.

Ketegangan makin dipicu oleh membanjirnya investasi China di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalan Beijing, yang menurut penduduk setempat belum mencapai mereka.

China berinvestasi di wilayah tersebut di bawah proyek senilai US$ 54 miliar yang dikenal sebagai Koridor Ekonomi China-Pakistan, meningkatkan infrastruktur, listrik, dan jaringan transportasi antara wilayah Xinjiang di ujung barat dan pelabuhan Gwadar di Pakistan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*