Legenda MU John O’Shea Jadi Manajer Interim TImnas Irlandia

Legenda MU John O’Shea Jadi Manajer Interim TImnas Irlandia

Amsterdam , Netherlands - 18 November 2023; Republic of Ireland coach John OShea before the UEFA EURO 2024 Championship qualifying group B match between Netherlands and Republic of Ireland at Johan Cruijff ArenA in Amsterdam, Netherlands. (Photo By Stephen McCarthy/Sportsfile via Getty Images)

Jakarta – Satu lagi legenda Manchester United yang menjadi manajer. John O’Shea baru saja resmi ditunjuk menangani timnas negaranya sendiri, Republik Irlandia.
O’Shea, kini 42 tahun, sebetulnya telah masuk dunia kepelatihan sejak pensiun pada 2019 silam. Namun ia ‘sebatas’ menjadi staf pelatih atau asisten manajer. Mulai dari Reading, Timnas Irlandia U-21, Stoke City, Timnas Irlandia senior, hingga Birmingham City.

Khusus yang terakhir, ia menjadi staf eks rekan setimnya dulu, Wayne Rooney. Namun begitu Rooney dipecat pada Januari lalu, ia pun ikut mundur beberapa hari berselang. Kini, ia kembali ke Timnas Irlandia dengan jabatan baru sebagai manajer interim.

O’Shea akan memimpin Irlandia di dua laga melawan Belgia dan Swiss pada Maret mendatang. Sementara itu, Federasi Sepakbola Irlandia (FAI) terus bergerak mencari manajer tetap yang masih lowong sejak ditinggal Stephen Kenny pada November silam.

Dikutip The Guardian, O’Shea bangga atas kepercayaan yang diberikan. Meski hanya sebentar, ia bertekad memberi yang terbaik.

“Suatu kehormatan luar biasa memimpin tim di jeda internasional bulan Maret. Seperti semua orang tahu, saya selalu bangga mewakili negara saya, baik saat masih menjadi pemain atau sebagai bagian dari staf pelatih tim senior putra dan tim U-21,” ujar O’Shea.

“Saya mempunyai keyakinan besar pada tim ini untuk memenangkan laga dan saya menantikan hasil-hasil yang positif,” jelasnya.

O’Shea bergabung dengan akademi MU pada 1998 lalu menembus tim utama pada 1999. Sempat dipinjamkan ke Bournemouth dan Royal Antwerp, ia lalu kembali ke MU dan bertahan hingga 2011. Di Old Trafford, ia meraih enam gelar Premier League, satu Piala FA, dua Piala Liga Inggris, hingga juara Liga Champions 2008.

Ia lalu membela Sunderland selama tujuh musim pada 2011-2018 sebelum bergabung dengan Reading semusim berselang dan pensiun di sana. Di level timnas, ia tampil 118 membela Irlandia, mencetak tiga gol dan ambil bagian di Euro 2012 dan Euro 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*