Jadi Presiden Perempuan Pertama Meksiko, Siapa Claudia Sheinbaum?

Claudia Sheinbaum terpilih menjadi Presiden peremputan pertama Meksiko (YURI CORTEZ/AFP)
Claudia Sheinbaum terpilih menjadi Presiden peremputan pertama Meksiko (YURI CORTEZ/AFP)

Mexico CityClaudia Sheinbaum, seorang mantan wali kota, terpilih menjadi presiden perempuan pertama Meksiko dalam pemilu yang digelar Minggu (2/6).

Perempuan berumur 61 tahun yang juga seorang ilmuwan iklim ini, dikenal sebagai sosok yang tetap tenang meskipun sedang menghadapi krisis.

Seperti dilansir AFP, Senin (3/6/2024), Sheinbaum yang cucu migran Yahudi Lithuania dan Bulgaria ini, merupakan sekutu dekat Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang akan digantikannya.

Menurut seorang profesor pada University of Southern California di Amerika Serikat (AS), Pamela Starr, sosok Sheinbaum yang berusia 61 tahun ini “bukan seorang populis”, yang berbeda dengan Lopez Obrador yang merupakan mentornya.

Starr menyebut Sheinbaum “lebih merupakan politisi sayap kiri arus utama” dan cenderung “kurang ideologis” dibandingkan Lopez Obrador.

Sheinbaum yang lahir di Mexico City, ibu kota Meksiko, ini memiliki orangtua yang terjebak kekacauan di awal tahun 1960-an silam.

Ketika mahasiswa dan para aktivis berupaya mengakhiri kekuasaan Partai Revolusioner Institusional yang sudah lama berkuasa.

“Di rumah, kami berbicara soal politik pagi, siang dan malam,” tutur Sheinbaum dalam buku biografinya yang dirilis baru-baru ini.

Sheinbaum diketahui menjadi peneliti selama bertahun-tahun di California, AS, di mana dia mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Dia juga menjadi penulis kontributor Panel Antarpemerintah soal Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memenangkan Nobel Perdamaian.

Jabatan publik pertama Sheinbaum adalah sebagai Menteri Lingkungan Hidup di Mexico City pada awal tahun 2000-an.

Karier politiknya diwarnai beberapa kontroversi dan tragedi. Salah satunya tahun 2017 lalu, ketika gempa bumi dahsyat menyebabkan sebuah sekolah ambruk di distrik selatan Mexico City hingga menewaskan sedikitnya 26 orang, termasuk 19 anak.

Saat itu, Sheinbaum menyangkal bahwa penyimpangan dalam pembangunan sekolah itu merupakan tanggung jawab kantornya. Dia kemudian terpilih menjabat sebagai Wali Kota Mexico City pada tahun berikutnya.

Menko Meksiko, Sheinbaum Memiliki Kapasitas Luar Biasa

Ketika pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela, penggunaan metode ilmiah dan alat teknologi terlihat dalam respons di Mexico City, meskipun hal itu tidak mencegah angka kematian yang tinggi.

“Dia memiliki kapasitas yang luar biasa dalam menganalisis, membaca data, dan menemukan solusi yang sangat praktis”.

Sebut mantan Menteri Perekonomian, Tatiana Clouthier, yang kini menjadi juru bicara kampanyenya.

“Meskipun dia seorang ilmuwan, dia juga seorang pejuang sosial, yang merupakan kombinasi yang sangat baik antara hati dan pikiran,” imbuhnya.

Tahun 2021 lalu, ketika bencana kembali mengguncang ibu kota Meksiko di mana 26 orang tewas dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka setelah salah satu bagian jalur kereta metro runtuh, Sheinbaum menolak tuduhan bahwa pemotongan anggaran adalah penyebabnya.

Mantan teman kuliah Sheinbaum di Universitas Otonomi Nasional Meksiko yang bergengsi.

Guillermo Robles, menyebut sosok Sheinbaum yang dikenalnya selama 27 tahun sebagai sosok yang berbeda dengan politisi pada umumnya di Meksiko.

“Dia memang mencintai Meksiko. Dia tidak ambisius seperti kebanyakan politisi. Claudia bahkan tidak seperti politisi tradisional,” sebutnya.

Pemilihan umum di Meksiko pada Minggu (2/6), tidak hanya memilih presiden baru, tapi juga anggota Kongres, sejumlah gubernur negara bagian dan sekitar 20.000 pemimpin daerah.

Gelombang pembunuhan dan tindak kekerasan terus melanda Meksiko sebelum hari pencoblosan.

Pemilu terbesar di Meksiko ini, bahkan menjadi yang paling berdarah dalam sejarah modern, yang diwarnai pembunuhan 38 kandidat, termasuk seorang kandidat lokal yang ditembak mati pada akhir pekan lalu.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*