Heboh! Ada Cahaya Benda Lagit Mirip Ufo di Atas Gunung Merapi

Sebuah video beredar di media sosial menampilkan cahaya/benda langit yang bergerak di sekitar Gunung Merapi. (Tangkapan layar Instagram @kabargeologi)

Beredar video cahaya benda langit yang disebut mirip ufo melintasi Gunung Merapi, Jawa Tengah dan cahaya itu pun ditangkap oleh CCTV Badan Geologi, Atas hal itu Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Badan Geologi buka suara.

Melalui akun resmi instagramnya, BPPTKG Badan Geologi menyebutkan bahwa, sehubungan dengan beredarnya video tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV Badan Geologi yang berada di Pos Jrakah (sisi barat) Gunung Merapi sempat merekam fenomena ini pada tanggal 24 Januari 2023 pukul 01.30 WIB.

“Berdasarkan data kegempaan, tidak terekam adanya sinyal yang signifikan pada jam tersebut,” ungkap Badan Geologi, Dikutip Jumat (27/1/2023).

BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi menyatakan, bahwa pihaknya bertugas melakukan mitigasi Gunung Merapi. Maka dari itu, pihaknya tidak memiliki kapabilitas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam video tersebut.

Sebagaimana diketahui, bahwa aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini cukup tinggi yaitu berupa erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, pembentukan guguran, dan awan panas guguran.

“Tingkat aktivitas masih “SIAGA”. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya,” tandas Badan Geologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*