Erick Thohir Kaget FIFA Mau Coret Stadion Piala Dunia U-20

Menteri BUMN Erick Thohir dalam penyerahan pengelolaan Asset perkara Jiwasraya dan Asabri di Gedung Kejaksaan Agung, Senin (6/3/2023). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengaku terkejut ketika mengetahui bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) berpotensi mencoret stadion calon arena Piala Dunia U-20 2023. Hal tersebut diketahuinya setelah melakukan rapat dengan perwakilan FIFA di GBK Arena, Jakarta.

“Dari enam lapangan pertandingan di masing-masing kota, ada empat lapangan yang akan diaudit ulang pada 21-27 Maret oleh FIFA,” kata Erick, dikutip dari¬†CNN Indonesia, Senin (6/3/2023).

“Dan yang mengejutkan buat saya, ada catatan dari FIFA. FIFA berhak men-drop¬†enam stadion lapangan pertandingan kalau memang tidak siap, menjadi empat lapangan. Lapangan latihan juga bisa dikurangi,” lanjut Ketua LOC atau panitia lokal Piala Dunia U-20 2023 ini.

Erick menyebutkan bahwa FIFA tidak memberikan opsi pergantian lapangan. Opsi yang tersedia hanya pencoretan jumlah stadion yang digunakan, yakni dari enam jadi empat. Dengan demikian, Ketua PSSI menyatakan bahwa pihaknya akan bergerak cepat untuk memenuhi persyaratan FIFA.

“Saya memutuskan hari Sabtu, Minggu, dan Senin akan mendatangi seluruh stadion. Saya juga akan meminta perwakilan dari kami LOC, FIFA, dan perwakilan pemerintah pusat serta daerah untuk turun bersama,” ujar Erick.

“Jangan sampai tanggal 21 Maret, tinggal 15 hari lagi bung, ada pihak-pihak yang menyalahkan ‘Ini PSSI enggak becus’. Saya ingin merajut ulang, waktunya masih ada, ini komitmen pemerintah pusat dan daerah, termasuk kami PSSI,” sambungnya.

Ia menegaskan, prioritas PSSI saat ini adalah menjadikan enam stadion layak dipakai untuk menggelar turnamen junior tingkat dunia tersebut.

Piala Dunia U-20 FIFA 2023 akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Sebagai tuan rumah, Indonesia sudah menyiapkan enam stadion, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta; Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang; Stadion Si Jalak Harupat, Bandung; Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya; Stadion Manahan, Solo; dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*