Erick Thohir dan Menhub Datang ke Kantor Luhut, Ada Apa?

Menteri BUMN Erick Thohir dalam penyerahan pengelolaan Asset perkara Jiwasraya dan Asabri di Gedung Kejaksaan Agung, Senin (6/3/2023). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Anak Buah Jokowi, alias para menteri kabinet Indonesia maju merapat ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, pada sore ini, Senin (6/3/2023), ada apa?

Para menteri yang terpantau hadir merapat, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Tak hanya itu, perwakilan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA juga turut merapat ke kantor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Alasan kedatangannya, untuk membahas lebih lanjut mengenai impor kereta rel listrik (KRL) bekas dari Jepang, untuk memenuhi kebutuhan replacement kereta yang sudah harus dipensiunkan, atau tidak digunakan lagi.

“Ya, rapat. Salah satunya mengenai impor KRL,” ungkap Direktur Teknik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Denny Haryanto saat dikonfirmasi CNBC Indonesia, Senin (6/3/2023).

Untuk diketahui, impor KRL bekas dari Jepang sampai saat ini masih tertahan. Alasannya, dua kementerian yaitu Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum sepaham.

Kemenhub mengatakan yes dan menyetujui rencana KCI. Mereka sudah memberikan rekomendasi izin impor kepada Kementerian Perdagangan pada 19 Desember 2022. Sedangkan Kemenperin menolak impor dengan alasan kebutuhan kereta api harus dipenuhi dari produksi dalam negeri, dalam hal ini diproduksi oleh INKA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*