Drama Baru Kasus Lee Sun-kyun: Dispatch Digerebek Polisi Korea

Drama Baru Kasus Lee Sun-kyun: Dispatch Digerebek Polisi Korea

Suasana pemakaman  aktor Lee Sun-kyun terlihat di luar aula pemakaman di Seoul, Korea Selatan, Jumat (29/12/2023). (Korea Pool/Getty Images)

Kepolisian Gyeonggi Selatan menggeledah dan menyita sejumlah aset milik media asal Korea Selatan, Dispatch, terkait dugaan persekongkolan Kepolisian Incheon dan media selama penyelidikan kasus mendiang aktor senior, Lee Sun-kyun.

Melansir dariĀ Xports News via Naver, kepolisian memeriksa Dispatch untuk menyelidiki tuduhan bahwa Departemen Kepolisian Incheon telah berkolusi dengan media untuk membocorkan berbagai informasi tentang kasus dugaan penyalahgunaan narkoba Lee Sun-kyun.

Kepolisian menggeledah kantor Dispatch pada Selasa (23/1/2024) saat outlet media itu sedang menyelidiki tuduhan penggunaan narkoba Lee Sun-kyun pada Senin (22/1/2023) dan mengamankan data terkait.

Dispatch mengeluarkan artikel berjudul “[Pemberitahuan] Semoga tidak berakhir dengan penggeledahan dan penyitaan di Dispatch” yang menyebut bahwa Tim Investigasi Anti-Korupsi Kantor Gyeonggi Selatan melakukan penggeledahan dan penyitaan di kantor Dispatch.

“Tim Investigasi https://38.180.114.193/ Anti-Korupsi Badan Kepolisian Gyeonggi Selatan melakukan penggeledahan dan penyitaan di kantor Dispatch,” tulis Dispatch, dikutip Jumat (26/1/2024).

Dalam laporan yang sama, Dispatch mengaku bahwa polisi menyita barang-barang wartawannya, yakni telepon genggam dan laptop.

“Mereka menyita ponsel dan laptop reporter untuk menemukan sumber laporan insiden yang bocor,” lapor mereka.

Lebih lanjut, Dispatch menyebut bahwa dasar utama Badan Kepolisian Gyeonggi Selatan menggerebek mereka adalah artikel yang dirilis tepat sehari setelah Lee Sun-kyun meninggal dunia, yakni 28 Desember 2023.

“Dispatch menunjukkan permasalahan dalam penyelidikan polisi dan liputan media dalam artikel-artikel tersebut. Dalam prosesnya, mereka merilis laporan insiden yang dibuat polisi pada 18 oktober,” jelas Dispatch.

Pada saat itu, Dispatch mengkritik laporan hasil investigasi terkait kasus penggunaan narkoba oleh penghibur dan karyawan tempat hiburan. Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa “kepolisian membuat laporan sementara yang ceroboh hanya berdasarkan kata-kata informan Shin OO dan Park OO, bahkan tanpa memverifikasi faktanya.”

Selain itu, Dispatch juga mengatakan bahwa inti permasalahan dari kasus yang menyangkut Lee Sun-kyun ini adalah kebocoran yang dilakukan kepolisian dan transkripsi media.

“Pernyataan yang disunting dari rekaman suara yang tidak terkait, pernyataan yang disunting adalah tentang keadaan. Siapa yang mengarang informasi tersebut dari mana sumbernya harus diungkapkan,” tulis laporan Dispatch pada saat itu.

Dalam pernyataannya, Dispatch berharap penggeledahan dan penyitaan oleh Kepolisian Gyeonggi Selatan ini tidak digunakan untuk menutupi tindakan korupsi dan menutupi serta memperbaiki kelemahan polisi dalam menangani kasus aktor pemeran Parasite itu.

Anggota tim Investigasi TKP Korea menyelidiki lokasi aktor Korea Selatan Lee Sun-kyun ditemukan tidak sadarkan diri di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 27 Desember 2023. Lee dari film pemenang Oscar Foto: Anggota tim Investigasi TKP Korea menyelidiki lokasi aktor Korea Selatan Lee Sun-kyun ditemukan tidak sadarkan diri di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 27 Desember 2023. (AP/Seo Dae-youn)

Sebagai informasi, Lee Sun-kyun adalah salah satu dari delapan orang yang diselidiki oleh Badan Kepolisian Metropolitan Incheon atas tuduhan penggunaan obat-obat terlarang. Akibat proses investigasi tersebut, Lee Sun Kyun mundur dari drama yang harusnya dibintangi.

Dua bulan sebelum kematiannya, Lee Sun-kyun telah dipanggil sebanyak tiga kali oleh kepolisian. Kehadiran aktor kelahiran 2 Maret 1975 itu ke polisi dipublikasikan secara luas meskipun ia meminta agar kunjungan tersebut dirahasiakan sehingga menimbulkan asumsi bahwa tanggal pemeriksaannya telah bocor.

Kepolisian Incheon memang menjadi sorotan publik setelah Lee Sun-kyun meninggal dunia akibat diduga bunuh diri. Terlebih, aktor berusia 48 tahun tersebut berkali-kali dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan narkoba.

Namun, Lee Sun-kyun tetap ‘dipaksa’ menjalani pemeriksaan, padahal ia telah bersikeras tidak mengetahui zat dikonsumsi adalah narkoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*