Biang Kerok Sakit Pinggang yang Sering Diabaikan Anak Muda

Ilustrasi Sakit Pinggang (Photo by Kindel via Pexels)

Nyeri pinggang atau dikenal dengan lower back pain merupakan suatu rasa tidak nyaman pada area antara tulang rusuk bagian bawah dan tulang panggul.

Kondisi itu sangat mengganggu karena nyeri kerap muncul secara tiba-tiba maupun bertahap dan memburuk. Sakit pinggang terjadi karena ada kerusakan pada salah satu komponen pinggang seperti otot, tendon, ligamen, tulang hingga diskus, serta saraf.

Penyebab sakit pinggang berbeda-beda, misal cedera akibat adanya beban atau tekanan berlebihan, penyempitan rongga tulang belakang atau stenosis spinal, faktor genetik, stres, saraf kejepit, obesitas, trauma atau jatuh baik akibat kecelakaan dan olahraga.

“Penyebab sakit pinggang berbeda-beda dan bisa terjadi pada siapa saja dari anak-anak hingga lanjut usia. Pada orang kalangan muda, kondisi ini bisa terjadi akibat tarikan atau benturan mendadak atau karena hantaman keras seperti kecelakaan lalu lintas, cedera saat berolahraga bahkan saraf kejepit,” kata Prof dr Ruslan Nazaruddin Simanjutak dari ALTY Orthopaedic Hospital kepada CNBC Indonesia, Minggu (12/3/2023).

Sakit pinggang memang ada yang bisa sembuh sendiri karena penyebabnya bukan kondisi serius. Penanganannya juga lebih mudah karena bisa mengonsumsi obat-obatan dan perawatan di rumah.

Meski demikian, ada beberapa kondisi lebih serius penyebab sakit pinggang. Pengobatannya bahkan sampai ada yang harus dilakukan tindakan operasi sebagai pilihan terbaik dan terakhir seperti dengan Artroskopi, yakni prosedur bedah yang dilakukan dengan membuat lubang sayatan sebesar lubang kunci untuk memasukkan alat bernama artroskop.

Prosedur tersebut bertujuan untuk mendiagnosis dan menangani sejumlah gangguan sendi. Operasi ini menjadi pilihan untuk menyembuhkan sakit pinggang karena kelainan tulang belakang.

“Biasanya prosedur operasi dilakukan karena cara-cara penyembuhan sebelumnya tidak ada yang berhasil, kemudian kondisi sakit pinggang semakin parah dan terjadi penyempitan saraf hingga melemahkan otot,” papar dr Ruslan.

Cara mencegah sakit pinggang

Sakit pinggang bisa dicegah dengan menjaga kesehatan, melakukan latihan tubuh dan memperbaiki kondisi fisik. Berikut beberapa cara mencegah sakit pinggang:

– Olahraga secara rutin
– Menjaga berat badan tetap ideal
– Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D
– Menjalankan gaya hidup sehat
– Jangan mengangkat beban terlalu berat
– Segera konsultasikan dengan dokter jika sakit pinggang semakin buruk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*