Banyak yang Mudik, Penjualan BBM Pertamina Naik Tinggi

Pertamina

PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga mencatatkan kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada periode lebaran Idul Fitri tahun 2023 ini.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengungkapkan bahwa permintaan masyarakat akan BBM jenis Gasoline atau bensin seperti Pertamax Series meningkat hampir setengahnya hingga 43% dari rata-rata permintaan normal sebelum lebaran.

Hal itu terjadi saat puncak Satuan Tugas (Satgas) https://bet88jp.online/ pada 20 April 2023 atau H-2 Idul Fitri tahun 2023 ini. “Untuk yang saat puncak satgas tanggal 20-nya atau H-2, demand gasoline naik 43% versus rata-rata normalnya,” ungkap Irto saat dihubungi CNBC Indonesia, Rabu (26/4/2023).

Sementara itu, realisasi penyaluran BBM jenis gasoline atau bensin selama masa satgas lebaran Idul Fitri 2023 turut mengalami kenaikan. Irto mengungkapkan, rata-rata realisasi penyaluran gasoline pada masa satgas Lebaran 2023 lalu naik hingga 5,4% dibandingkan dengan rata-rata Maret 2023 lalu.

“Rata-rata realisasi penyaluran gasoline selama masa satgas ini mengalami kenaikan sekitar 5,4% dari rata-rata Maret 2023,” tambahnya.

Namun begitu, Irto mengungkapkan bahwa terjadi penurunan permintaan akan BBM jenis gasoil atau bahan bakar diesel. Permintaan gasoil pada masa satgas lebaran 2023 tercatat menurun hingga 28,5% dibandingkan dengan rata-rata permintaan normalnya.

“Untuk yang saat puncak satgas tanggal 20 April 2023, demand gasoil turun 28,5% versus rata-rata normalnya,” jelas Irto.

Dengan begitu, dia mengatakan bahwa kenaikan maupun penurunan permintaan masyarakat akan BBM pada masa lebaran Idul Fitri 2023 sudah diantisipasi. Irto menyebutkan, pihaknya menyiagakan semua sarana dan fasilitas Pertamina dan menyediakan pelayanan tambahan.

“Secara umum hal ini sudah kita antisipasi dengan menyiagakan semua sarana dan fasilitas Pertamina, serta layanan tambahan seperti modular BBM, mobil tangki standby, serta motoris yang akan membantu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Komisaris Utama Pertamina, Pahala Mansury menyampaikan bahwa Pertamina Patra Niaga secara keseluruhan telah siap melayani masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kunjungan ini untuk memastikan seluruh sarana dan fasilitas BBM dan LPG dalam kondisi yang optimal. Begitu juga untuk ketahanan stok dalam kondisi yang aman serta memastikan aspek safety dijalankan dengan maksimal oleh seluruh insan Pertamina,” ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Senin (17/4/2023).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan Pertamina Patra Niaga telah melakukan proyeksi konsumsi energi serta mempersiapkan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Terutama demi memastikan ketersediaan BBM, LPG, dan Avtur dapat tercukupi.

“Selama masa satgas Rafi 2023 untuk wilayah Sumbagsel, konsumsi jenis gasoline diprediksi mengalami peningkatan sebesar 24%. Untuk BBM jenis gas oil mengalami sedikit penurunan 1,7% dan semua telah diantisipasi,” ungkap Alfian.

Dia memaparkan, Pertamina Patra Niaga Sumbagsel memastikan kesiapan pelayanan dengan menyiapkan layanan tambahan BBM di jalur potensial. Meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 87 SPBU Siaga, 309 Agen Siaga dan 5540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 5 Unit Kiosk Pertamina Siaga, 15 Unit Motoris, dan 16 Unit Mobil Tangki standby.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*