5 Negara Terbaik untuk Jadi Orang Tua, Minat Pindah ke Sini?

REYKJAVIK, SOUTH  ICELAND: Yellow bus - coach - in the capital city of Reykjavik and Lutheran church Hallgrímskirkja Cathedral, Iceland.  (Photo by Tim Graham/Getty Images)

Orang tua yang bekerja pasti membutuhkan bantuan dalam beragam bentuk, mulai dari pengasuhan anak hingga mengurus pekerjaan rumah. Namun, tidak semua lingkungan masyarakat dan negara dapat memberikan bantuan yang diperlukan itu.

Islandia adalah salah satu negara terbaik di dunia untuk orang tua yang bekerja. Menurut Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Islandia mengeluarkan sekitar 1,8 persen Produk Domestik Bruto (PDB)-nya untuk pendidikan dan perawatan anak usia dini. Angka tersebut adalah tertinggi daripada negara lainnya.

Berkat angka itu, perawatan anak di Islandia jadi relatif lebih terjangkau. Menurut data OECD, rata-rata orang tua menghabiskan hanya sekitar 5 persen dari pendapatannya untuk perawatan anak.

Selain itu, kebijakan Islandia yang menguntungkan orang tua pekerja menjadi salah satu alasan mengapa negara di Eropa ini memiliki tingkat angkatan kerja perempuan tertinggi di antara negara-negara yang dipantau OECD, yaitu lebih dari 82 persen.

Sebagai perbandingan, Amerika Serikat (AS) hanya menghabiskan 0,3 persen PDB-nya untuk pendidikan awal dan perawatan anak. Sementara itu, rata-rata orang tua AS menghabiskan sekitar 19 persen pendapatannya untuk perawatan anak.

Sementara itu pada 2021, Kanada membelanjakan US$22 miliar atau sekitar Rp336,5 triliun (asumsi kurs Rp15/297/US$) selama lima tahun untuk menurunkan biaya pendidikan dini dan perawatan anak.

Dalam hal ini, Kanada mengacu penelitian yang menunjukkan bahwa setiap dolar yang dihabiskan untuk pendidikan tahun-tahun awal akan memberikan manfaat ekonomi dan memberi lebih banyak kebebasan kepada orang tua untuk terlibat dalam angkatan kerja.

Lalu, anak-anak di Estonia berusia antara 18 bulan hingga tujuh tahun dijamin mendapatkan tempat di lembaga penitipan anak. Hal serupa juga diperoleh anak-anak di Jerman, bahkan dijamin sampai mereka menduduki sekolah dasar. Dilaporkan, lembaga penitipan anak gratis di beberapa kota.

Islandia, Estonia, Jerman, Kanada, dan Selandia Baru memiliki kesamaan faktor penting, yaitu masing-masing negara menawarkan kebijakan pengasuhan anak yang kuat sehingga pendidikan dan pengasuhan anak usia dini tersedia secara luas dan terjangkau.

Berikut adalah lima negara terbaik untuk menjadi orang tua, seperti dilansir dari CNBC Make It.

  1. Islandia
  2. Estonia
  3. Jerman
  4. Kanada
  5. Selandia Baru

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*