3 Penemuan Emas Terbesar di Dunia, Ada yang Seukuran Pria Dewasa

JAKARTA – Emas merupakan logam mulia langka yang terbentuk secara alami. Meski jumlahnya terbatas, namun banyak kasus penemuan emas terbesar di dunia. Penemuan harta karun ini tentu menjadi berita heboh lantaran nilai emas sepanjang masa selalu stabil dan menjadi ukuran mata uang. Berikut daftar penemuan emas terbesar di dunia dikutip dari IFL Science, Senin (5/2/2024).

1. Welcome Stranger (Australia) Bongkahan emas terbesar di dunia ditemukan pada 5 Februari 1869 di Victoria, Australia. Dua penambang asal Cornish bernama John Deason dan Richard Oats menemukan emas tersebut saat melakukan penambangan. Emas tersebut diberi nama Welcome Stranger dengan berat 72 kilogram (158,7 lbs) dan panjang 61 sentimeter (24 inci), atau seukuran pria dewasa. Kedua pria tersebut membawa bongkahan emas temuannya ke kota Dunolly untuk ditimbang di London Chartered Bank. Sayangnya, emas tersebut begitu besar sehingga tidak muat di timbangan, dan malah pecah sebelum dapat difoto. Replika dibuat dari gambar yang dibuat pada saat itu. Kedua pria tersebut menerima sekitar £10.000, sementara nugget tersebut dipecah dan dilebur menjadi bullion emas. BBC News menaksir bongkahan emas serupa jika ditemukan hari ini akan bernilai sekitar £2 juta.

2. Pepita Canaa (Brasil) Pepita Canaa menjadi salah satu penemuan emas terbesar di dunia. Berat emas ini mencapai 60 kilogram (134 pounds). Bongkahan emas ini ditemukan oleh Julio de Deus Filho di Brasil pada tahun 1983. Saat ini, emas tersebut dipamerkan di Gold Room di Museu de Valores do Banco Central di Brasília.

3. Hand of Faith (Australia) Hand of Faith ditemukan pada tahun 1980 oleh Kevin Hillier di Australia. Bongkahan emas ini mendapatkan gelar sebagai potongan emas terbesar yang pernah ditemukan menggunakan detektor logam. Meski ditemukan di Australia, bongkahan emas ini sekarang dipamerkan di kasino di Las Vegas setelah dijual dengan harga lebih dari USD1 juta. Bongkahan emas ini disebut-sebut mengandung 875 troy ons emas.

Ons troy digunakan dalam penimbangan emas sebelum diperkenalkannya sistem metrik dan masih digunakan hari ini untuk menimbang logam dan batu mulia oleh mereka yang berkecimpung dalam bisnis tersebut. Satu ons troy setara dengan 31,1 gram. Ini berbeda dari sistem avoirdupois yang lebih umum di mana 1 ons biasanya sama dengan 28,5 gram. Harga emas yang dijual hari ini mungkin dinyatakan dalam harga per ons, tetapi biasanya merujuk pada ons troy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*