10 Kebiasaaan Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Bahagia, Cobain!

Ilustrasi Bahagia (Pixabay)

Setiap orang pasti ingin merasa bahagia. Bahagia adalah kondisi emosional yang ditandai dengan perasaan senang dan puas ysng akan selalu melibatkan emosi positif dan kepuasan hidup.

Meskipun definisi bahagia menurut setiap orang berbeda-beda, para psikolog dan ilmuwan menyebutkan ada dua hal kunci yang bisa mengukur atau menilai kebahagiaan seseorang, yaitu keseimbangan emosi dan kepuasan hidup.

Dilansir dari Very Well Mind, menurut seorang filsuf kuno, Aristoteles, kebahagiaan dapat dicapai melalui jalan tengah yang menemukan keseimbangan antara kekurangan dan kelebihan. Berikut tanda-tanda kebahagiaan seseorang.

  1. Menjalani hidup apa adanya
  2. Merasa kondisi kehidupan baik
  3. Menikmati hubungan yang positif dengan orang lain
  4. Merasa sudah mendapatkan apa yang diinginkan dalam hidup
  5. Merasa puas
  6. Merasa positif
  7. Terbuka dengan ide atau pengalaman baru
  8. Suka merawat diri
  9. Memiliki rasa ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain
  10. Merasa hidup bermakna serta ada tujuan
  11. Bersyukur.

Lantas, bagaimana cara agar bisa bahagia? Berikut 10 kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari agar bahagia, dilansir dari Healthline.

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga atau beraktivitas fisik tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa membantu mengurangi stres, perasaan cemas, mengurangi gejala depresi, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan kebahagiaan.

Anda tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat untuk membuat diri jadi lebih bahagia. Jusru, memaksakan diri untuk beraktivitas fisik berat malah bisa menimbulkan rasa frustasi dan sakit.

Sebagai gantinya, cukup berjalan kaki di lingkungan rumah, melakukan yoga, atau melakukan peregangan ringan setiap bangun tidur dan saat bekerja. Bila memiliki waktu luang, Anda juga bisa melakukan aktivitas yang selama ini ingin dicoba, seperti menari, golf, hingga bowling.

2. Tidur yang Cukup

Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur sekitar 7 jam. Menurut penelitian, tidur yang cukup bisa membuat kesehatan tubuh, fungsi otak, dan kesejahteraan emosional yang lebih baik. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, depresi, dan diabetes.

 

3. Makan Enak dan Sehat

Sudah bukan rahasia lagi, makanan dapat memberikan dampak yang besar kepada kesehatan fisik dan mental seseorang. Dilansir dari Healthline, beberapa makanan bisa mempengaruhi keadaaan pikiran Anda, yaitu.

  • Karbohidrat

Karbohidrat dapat melepaskan serotonin, yaitu hormon yang berperan sebagai neurotransmiter, yaitu pengantar sinyal antarjaringan saraf. Peran hormon serotonin sangat penting bagi tubuh manusia karena mampu mengelola suasana hati, termasuk mencegah depresi.

  • Daging Tanpa Lemak, Unggas, Polong-polongan, dan Susu

Makanan-makanan ini mengandung protein tinggi. Makanan kaya protein dikenal dapat melepaskan dopamin dan norepinefrin yang bisa meningkatkan energi dan konsentrasi.

  • Asam Lemak Omega-3

Omega-3 yang umumnya ditemukan pada ikan berlemak terbukti bisa menimbulkan efek anti inflamasi yang berpengaruh baik ke kesehatan otak secara keseluruhan.

  • Makanan Olahan atau Gorengan

Makanan olahan dan gorengan disarankan untuk lebih dihindari agar bisa merasa bahagia. Sebab, kedua jenis makanan tersebut cenderung membuat Anda merasa sedih dan melewatkan waktu makan.

4. Berlatih Bersyukur

Penelitian menunjukkan bahwa bersyukur memiliki dampak yang signifikan terhadap perasaan harapan dan kebahagiaan.

Saat menjalani hari, cobalah untuk memperhatikan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup, baik hal kecil maupun besar,. Melalui latihan bersyukur, Anda mungkin bisa lebih menyadari bahwa banyak hal positif yang terjadi di sekitar.

5. Memberikan Pujian

Penelitian menemukan bahwa melakukan kebaikan kepada orang-orang sekitar bisa membantu meningkatkan kesejahteraan hidup secara keseluruhan. Memberikan pujian yang tulus kepada orang lain adalah cara yang cepat dan mudah untuk membahagiakan orang sekaligus diri sendiri.

6. Menarik Napas Dalam

Emosi negatif membuat tubuh jadi tegang. Agar lebih tenang, coba ambil napas panjang dan dalam. Napas secara mendalam bisa meredakan stres dan ketegangan.

Tutup mata Anda dan bayangkan memori indah atau menyenangkan. Lalu, tarik napas panjang lewat hidung dalam lima hitungan. Kemudian embuskan napas dalam lima hitungan melalui mulut. Ulangi proses ini hingga Anda merasa lebih tenang.

7. Menerima Situasi Tidak Bahagia

Situasi yang tidak mengenakkan dan membuat suasana hati jadi buruk adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan.

Hindari bersikap pura-pura bahagia ketika Anda mendapat kabar buruk, membuat kesalahan, atau berada di situasi yang tidak mengenakkan. Akui perasaan tidak bahagia tersebut dan biarkan diri Anda mengalaminya sejenak. Biarkan momen berlalu, jaga diri, dan ingatlah bahwa tidak ada orang yang selalu bahagia setiap saat.

8. Menulis Jurnal

Jurnal adalah cara yang baik untuk mengontrol pikiran, menganalisis perasaan, meluapkan perasaan, dan membuat rencana. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menuliskan hal yang serius. Tulisan sederhana dinilai dapat membantu Anda untuk membuat diri jadi lebih bahagia.

9. Tersenyum

Tersenyum bisa merangsang otak untuk melepaskan hormon dopamin yang bisa membuat seseorang lebih bahagia. Para peneliti menemukan bahwa tersenyum dapat memberikan pengaruh sederhana pada emosi sehingga berkaitan erat dengan kebahagiaan.

Namun, bukan berarti Anda harus selalu memasang senyuman palsu. Tetaplah tersenyum meskipun sedang mengalami hal yang tidak menyenangkan atau cobalah memulai pagi dengan menatap cermin dan tersenyum.

10. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain adalah salah satu hal buruk yang sebaiknya dihindari. Bila terus-terusan membandingkan diri dengan orang lain, Anda akan lebih sering merasa tidak puas, merasa rendah diri, bahkan depresi dan kecemasan.

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain terbukti dapat meningkatkan rasa damai dan kebahagiaan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*